Pegadaian Cepat - Dana Tunai Bunga Bank Rendah & Ringan

Waspada Gadai Bpkb Tanpa Survey!


Di media online, cukup banyak website yang menawarkan pinjaman gadai bpkb motor atau mobil tanpa survey. Dan hal ini perlu anda wasapadai. Sebagai pengelola bisnis yang senada, kami hanya melihat hingga saat ini hanya ada satu perusahaan resmi saja yang sanggup melakukan kegiatan tersebut. Tetapi khusus leasing resmi di bawah pengawasan OJK, kegiatan gadai bpkb motor dan mobil yang tanpa melakukan survey adalah pelanggaran kebijakan perusahaan. Dan tidak ada jaminan bahwa agunan surat kepemilikan mobil dan motor dapat aman dari sisi hukum jika terjadi permasalahan.

gadai bpkb tanpa survey

Perusahaan yang resmi dan bisa menjalankan program menjaminkan barang tanpa perlu dilakukan survey ke rumah nasabah adalah pegadaian BUMN dan beberapa program pinjaman tanpa jaminan (KTA). Jika anda membaca ulasan pegadaian konvensional, maka nampak jelas bahwa mereka berani menawarkan program kepada nasabah tanpa disurvey karena unitnya digadaikan. Bukan bpkb-nya. Artinya, nasabah hanya memegang buku kepemikan saja tanpa bisa diapa-apakan. Beda dengan kondisi jika anda menggadaikan bpkb maka unit motor maupun mobil ada pada anda. Kalaupun anda berniat jahat dengan menjual unit bodong atau sparepart dipreteli, ini masih memungkinkan terjadi. Dan kegiatan pelanggaran hukum seperti inilah yang diwaspadai dan diantisipasi oleh leasing resmi, dengan mewajibkan proses kredit harus melalui kegiatan survey.

Dalil dan Klausul Perjanjian

Jika anda selaku debitur mencoba mengajukan pinjaman dengan jaminan bpkb kepada pihak perusahaan resmi di bawah OJK, dan dijanjikan dapat dilakukan proses gadai tanpa survey, maka anda harus waspada. Beberapa hal yang harus anda perhatikan adalah dalil pada kontrak perjanjian. Diantaranya:

  • Nasabah telah disurvey. Jika kegiatan ini tidak terjadi tetapi anda tanda tangani perjanjian kontrak yang tertulis klausul seperti itu, maka terjadi kesalahan pada debitur. Jika suatu saat ketahuan dan biasanya didahului oleh tindakan hukum perusahaan leasing kepada oknum surveyor, maka bisa saja anda terseret sebagai korban atau saksi Dan ini merepotkan!
  • Salah satu tujuan survey adalah mengamati kondisi fisik agunan. Jika ternyata fisik unit dengan info bpkb yang dijaminkan beda, maka bisa saja di masa mendatang menjadi bencana bagi debitur. Anda bisa disangka melakukan manipulasi berkas, tukang tadah mobil atau motor curian dan lainnya. Waspadalah karena jeratan hukum untuk kasus seperti ini memiliki hukuman pidana yang cukup berat.

Apa yang kami sampaikan di atas bukanlah untuk menakuti-nakuti nasabah yang ingin mengikuti program gadai mobil atau motor tanpa survey di leasing resmi. Percayalah, bahwa selama perusahaan itu memiliki izin usaha resmi melakukan pembiayaan jaminan bpkb yang di bawah OJK, maka kegiatan survey adalah WAJIB. Jika anda berkeras ingin tetap melakukannya, kami sarankan ke pegadaian BUMN dan ikuti program konvensional yang mereka tawarkan. Jangan mudah percaya oknum marketing atau surveyor yang mengatakan di perusahaannya diperkenankan program non “on the spot”. Itu adalah dobel standar yang diciptakan oleh oknum sendiri.

Penutup dan Contoh

Sesuai dengan ulasan di atas, bahwa secara peraturan tidak ada leasing resmi yang mengijinkan program tanpa pengamatan ke rumah nasabah, maka berikut ini bahasa “promosi” yang perlu anda waspadai yang sering digunakan team marketing maupun surveyor di dalam menawarkan pinjaman dana tunai berupa gadai bpkb mobil dan motor. Kami pastikan, beberapa kalimat di bawah ini memiliki pengertian tetap disuvey! Dan diantaranya adalah:

  • Proses cukup ambil dokumen persyaratan di rumah.
  • Kegiatan konsultasi gratis di tempat nasabah.
  • Hanya ingin melihat fisik motor dan mobil yang difoto di depan rumah debitur.
  • Alasan ktp atau stnk tidak terbaca jelas dan perlu dilihat langsung.
  • Marketing atau surveyor hanya punya waktu malam atau saat hari libur sehingga lebih baik mengunjungi anda di rumah di malam hari atau hari libur di rumah bukan di kantor.
  • Dokumen harus difoto langsung pakai gadget marketing yang connect dengan gps, sehingga harus ketemu anda di tempat domisili.

Dengan alasan tersebut, sadarilah bahwa pertemuan anda dengan team marketing dan surveyor di rumah kediaman, itu berarti disurvey! Tanpa disadari debitur, pada saat mereka berdalih seperti itu, mereka akan melihat keberadaan mobil atau sepeda motor nasabah sekaligus mengetahui tempat tinggalnya. Jika pemohon gadai atas nama perusahaan, maka contoh-contoh di atas dilakukan di kantor anda. Waspadalah, bahasa marketing seperti itu tidak salah. Itu bagian dari trik membuat nyaman nasabah!