Pegadaian Cepat - Dana Tunai Bunga Bank Rendah & Ringan

Tujuan Melakukan Survey Kredit


Perusahaan pembiayaan konsumen dan perbankan di dalam memasarkan layanan kredit, wajib melakukan survey ke rumah debitur. Tujuan dari kegiatan ini cukup banyak dan dapat menjadi keuntungan bagi kedua belah pihak (kreditur dan nasabah). Jadi bukan semata-mata hal ini akan mempersulit pengajuan pinjaman, tetapi ada hal penting lainnya yang berguna sebagai penilaian kelayakan permohonan anda. Berikut ini ulasan yang dapat membuka wawasan kita bersama terkait dengan kegiatan yang dilakukan oleh team surveyor sebuah leasing resmi dan bank.

tujuan survey

Tujuan Umum

Secara umum, kegiatan survey kredit pinjaman dalam bisnis lembaga keuangan bertujuan agar memperoleh informasi yang obyektif terkait kelayakan dan kelemahan yang dimiliki oleh calon debitur yang mengajukan pinjaman. Jadi yang diamati bukan saja faktor pendukung, melainkan juga faktor kelemahan dan diharapkan hasil analisa lebih obyektif dan pada akhirnya potensi kerugian dapat diantisipasi atau diminimalkan.

Tujuan Bagi nasabah

  • Merupakan kondisi tepat untuk berkonsultasi dan mengenal lembaga keuangan. Selain itu juga mendapat penjelasan detail terkait program jaminan bpkb mobil atau gadai bpkb pada motor┬ámilik nasabah.
  • Mengenal personal leasing atau bank yang akan membantu debitur di masa mendatang.
  • Mengetahui dengan pasti terkait biaya yang ditanggung oleh nasabah, pencairan dana maupun angsuran per bulan.

Tujuan Bagi Lembaga Keuangan

  • Bagi leasing dan bank, perlu mengetahui faktor pendukung 5C debitur (capital, caracter, condition, capacity, collateral). Dari sinilah kelayakan dapat dianalisa.
  • Mengetahui pendapat tetangga maupun rekan kerja terhadap calon nasabah. Ini sering disebut survey lingkungan (cek-ling).
  • Mengamati kesesuaian antara kebutuhan nasabah dengan kondisinya sehari-hari. Misalnya, jika anda tinggal di gang sempit dan mobil yang bpkbnya digadaikan ternyata kendaraan super mewah, maka semakin besar kecurigaan lembaga keuangan.

Demikianlah penjelasan kepada masyarakat yang mungkin bertanya-tanya mengapa pihak bank dan leasing melakukan kegiatan survey. Layanan pinjaman butuh meminimalisir potensi kerugian akibat pengajuan kredit yang disetujui.