Pegadaian Cepat - Dana Tunai Bunga Bank Rendah & Ringan

Sarana Transportasi di Jakarta Yang Dapat Anda Gunakan


Bagi pendatang baik domestik maupun mancanegara, pasti ingin mendapatkan informasi sarana transportasi yang dapat digunakan di Jakarta. Sebagai kota modern dan luas yang dikenal dengan kemacetannya, ibukota negara Indonesia ini menyediakan banyak moda trassport yang beragam. Mulai dari yang bersifat masal (angkutan umum) hingga yang khusus (disewa secara privat). Itu semua tergantung kebutuhan dan ketersediaan dana dari pengguna.

Moda Transport

Adapun alat pengangkutan dan transportasi untuk mobilitas masyarakat yang lazim digunakan di wilayah Jakarta adalah sebagai berikut:

  1. Kereta Api Listrik (KRL). Alat transport massal yang sangat efektif di dalam mengatasi kemacetan ini menghubungkan kota Jakarta dengan wikayah sekitar. Dari empat kota sekitar seperti Tangerang, Depok, Bogor dan Bekasi, waktu tempuh ke Jakarta tidak lebih dari satu jam. Sarana transportasi ini juga sering digunakan oleh masyarakat untuk bepergian antar area. Misalnya dari Jakarta Selatan ke wilayah utara atau dari barat ke timur ibukota. Anda harus jeli jika ingin menggunakan KRL, karena di pagi hari dan sore, maka akan berhadapan kepadatan #yang ekstrim.alat transport di jakarta
  2. Transjakarta. Sering disebut busway. Kehadiran bis dengan jalur khusus anti macet ini paling direkomendasikan bagi pendatang. Di awal kehadirannya, hanya melayani beberapa koridor dalam kota saja. Tapi kini Transjakarta juga dapat digunakan ke kota sekitar. Wikipedia menuliskan bahwa ada 12 koridor rute yang dilintasi oleh Transjakarta. Yang menarik, anda bisa mengkombinasikan penggunaan busway dengan KRL, dan hasilnya adalah penghematan waktu tanpa terjebak macet di Jakarta. Dan biaya yang dikeluarkan sangat murah!
  3. Taksi konvensional. Ini adalah alat transportasi khusus yang dapat digunakan jika biaya bukanlah hambatan. Jika menggunakan konvensional, tarif yang dikenakan berdasarkan kilometer yang dikombinasikan dengan waktu. Artinya, jika melalui kemacetan, tarif tetap berjalan.
  4. Taksi online. Moda ini merupakan sarana transportasi yang sedang ‘naik daun’ di Jakarta. Yang menarik dengan kendaraan ini adalah, anda bisa memilih jenis kendaraan yang digunakan. Jika berada pada lokasi yang dekat dengan supir taksi online mobil mewah, maka anda dapat menggunakannya. Tarif juga jelas, dimana jika anda menggunakannya dan terjebak macet, maka tarif tetap berlaku seperti di awal saat memesan. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah, saat jam-jam dengan kepadatan kota Jakarta yang tinggi, maka harganya lebih mahal daripada saat lengang di siang atau malam hari. Cara menggunakannya cukup mendownload aplikasi taksi online.
  5. Kopaja. Ini merupakan sarana transportasi yang murah meriah, Jika yang dicari kenyamanan, tentu sulit mendapatkannya karena biasanya pengguna moda transport ini berfikiran “yang penting sampai ke tujuan dengan harga murah”.
  6. Bajaj. Jenis alat transportasi unik di Jakarta ini hanya bisa ditemukan di daerah pemukiman maupun di area pinggir ibukota. Seperti di Jakarta Barat, Utara, Timur dan Selatan. Sedangkan di Jakarta Pusat terutama di area protokol, bajaj dilarang melintas.
  7. Ojek. Sama seperti taksi, jenis alat transportasi khusus ini juga tersedia versi konvensional dan online. Pengguna dengan jarak yang jauh, lebih suka menggunakan ojek online terkait dengan biaya yang jelas di awal dan ada standar harga. Sedangkan yang konvensional perlu keahlian tawar menawar. Biaya yang murah dan waktu tempuh yang relatif cepat saat melintas daerah macet di ibukota menjadikan sarana transportasi ini juga kami rekomendasikan  untuk anda.

Demikianlah informasi alat transportasi yang dapat digunakan di kota Jakarta. Pilihan dikembalikan lagi kepada anda, tergantung budget dan kenyamanan yang dipilih. Alternatif lain adalah dengan menggunakan kendaraan rental yang dapat disewa harian. Tetapi moda ini adalah yang paling mahal dibanding ketujuh kendaraan angkutan umum dan khusus yang telah kami jelaskan di atas.