Pegadaian Cepat - Dana Tunai Bunga Bank Rendah & Ringan

Pinjaman Kredit COP Perusahaan dan Metodenya


Di Indonesia khususnya di kota besar seperti Jakarta (Jabodetabek), kini marak sebuah layanan berupa reward (penghargaan) kepada karyawan tetap berupa pinjaman kredit COP. Berupa cara memiliki mobil pribadi dengan skema khusus. Bahkan, jika seseorang pindah kerja, syarat program ini adalah salah satu fasilitas yang diminta. Tentu saja, penghargaan COP ini memiliki syarat dan mekanisme tertentu yang ditetapkan oleh perusahaan. Pinjaman dana tunai yang bersifat lunak dengan maksud memiliki kendaraan pribadi (mobil) ini adalah dambaan dari banyak karyawan. Metode pemberiannya bisa saja murni dari perusahaan atau bekerjasama dengan bank.

program cop

Pengertian Program

Pengertian dari pinjaman kredit COP perusahaan adalah:

Suatu penghargaan atau fasilitas kepada karyawan perusahaan berupa kredit lunak COP (car ownership program), yang pada umumnya merupakan kepemilikan mobil pribadi dengan jangka waktu pinjaman yang panjang (5 tahun atau lebih) tanpa uang muka (down payment). Biasanya, sebagian cicilan ditanggung perusahaan dan sebagian ditanggung karyawan dengan komposisi 70:30 atau 60:40.

Persyaratan Umum

Secara umum, syarat COP yang menentukan adalah perusahaan dan bisa saja berbeda-beda. Pinjaman COP menetapkan persyaratan sebagai berikut:

  1. Diberikan berupa penghargaan kepada posisi atau jabatan tertentu.
  2. Ada yang menetapkan syarat karyawan tetap.
  3. Komposisi cicilan kredit COP pada perusahaan bisa berbeda-beda. Ada yang menetapkan 70:30 atau 60:30. Artinya, 70% atau 60% ditanggung oleh kantor dan sisanya ditanggung oleh karyawan dengan memotong gaji.
  4. Besarnya plafon disesuaikan dengan jabatan atau kepangkatan seseorang di perusahaan.
  5. Bpkb mobil yang dibeli akan dipegang oleh perusahaan sebagai jaminan sepanjang jangka waktu kredit. Jika reward ini berupa hasil kerjasama dengan bank, maka beberapa bank nasional meminta jaminan. Ini merupakan salah satu bentuk gadai bpkb di bank yang pemohonnya adalah perusahaan, karena pengikatan perjanjian pinjaman antara perbankan dengan perusahaan bukan dengan karyawan langsung.
  6. Penyerahan bpkb mobil saat COP sudah lunas, dan biasanya bisa dilanjutkan kembali untuk memperoleh fasilitas tersebut dengan plafon pinjaman yang disesuaikan.
  7. Jika karyawan mengundurkan diri atau dipecat, maka segala benefit pesangon dipotong sisa hutang COP ini.

Mekanisme dan Metode

Pinjaman Didukung Bank

  • Pihak perusahaan mengajukan kredit COP kepada lembaga keuangan yaitu bank rekanan.
  • Perusahaan menjadi pemohon kredit bukan si karyawan.
  • Resiko kredit macet atau bermasalah ditanggung perusahaan.
  • Program ini wajib didaftarkan pada maskapai asuransi.
  • Jika fasilitas ini diberikan kepada sebagian kecil karyawan perusahaan, maka biasanya pihak bank meminta jaminan BPKB program COP. Jaminan di bank jenis ini tidak mengikat secara mutlak.

Pinjaman Dibiayai Sendiri

  • Biaya pembelian mobil COP seluruhnya merupakan dana perusahaan.
  • Jaminan bpkb disimpan di kantor.
  • Program penghargaan yang ditanggung perusahaan sendiri pada umumnya merupakan fasilitas khusus pada jabatan tertentu yang pesertanya tidak banyak.
  • Beberapa perusahaan di Indonesia berani menanggung sendiri karena ingin menerapkan keseragaman unit. Jadi merek dan tipe sudah ditentukan, dan ada kerjasama antara perusahaan dengan pihak dealer mobil.

Demikianlah penjelasan terkait pinjaman kredit kepemilikan mobil pribadi yang sering disebut COP yang merupakan penghargaan (rewards) maupun fasilitas khusus pada jabatan tertentu. Penerapan suku bunga yang kecil, tanpa uang muka (DP) dan adanya komposisi yang menanggung angsuran, adalah bukti bahwa jenis kredit mobil ini disebut penghargaan perusahaan kepada pegawainya.