Pegadaian Cepat - Dana Tunai Bunga Bank Rendah & Ringan

Sistem dan Metode Pada Bisnis Gadai di Indonesia


Penjelasan metode dan sistem pembayaran hutang pada bisnis gadai ini sangat penting untuk diketahui oleh masyarakat Indonesia, karena perkembangannya cukup maju pesat. Kehadiran jasa pegadaian yang awalnya dipelopori oleh perusahaan BUMN milik pemerintah, kini juga hadir dikelola swasta, koperasi, bank, perusahaan pembiayaan dan bahkan layanan gadai pribadi. Dan yang menarik adalah keberadaan metode dan cara bayar nasabah pada bisnis ini.

sistem gadai

Dengan perkembangan tersebut, maka sang pelopor yang menerapkan sistem gadai konvensional, juga menawarkan cara lain seiring minat masyarakat Indonesia yang bergeser. Pola yang terbentuk sudah tidak murni lagi seperti dahulu.

Adapun metode maupun sistem dan cara pembayaran pada bisnis gadai di Indonesia terdiri atas berbagai mekanisme berikut ini:

  1. Sistem pegadaian konvensional. Pembayaran yang dilakukan oleh debiturnya adalah dengan membayar bunganya saja secara rutin. Saat ini, PT. Pegadaian Persero menerapkan sistem dua mingguan sebesar 1,5%. Pokok hutang nasabah gadai dibayarkan secara sekaligus di akhir periode.
  2. Sistem pembayaran bunga yang dipotong di pencairan. Metode yang diterapkan oleh beberapa leasing ini lebih cocok digunakan untuk pinjaman jangka pendek. Biasanya kurang dari sebulan. Pola ini kurang populer di masyarakat. Nasabah pegadaian jenis ini pada umumnya dari kalangan pebisnis yang butuh untuk pembayaran uang muka atau jatuh tempo proyek.
  3. Sistem pembiayaan perbankan. Inilah metode bisnis pegadaian yang populer saat ini. Sistem amortisasi, dimana setiap bulan pihak nasabah membayar bunga dan cicilan pokok hutang. Sebagian besar koperasi, leasing dan bank menerapkan pola ini. Kami selaku penyelenggara gadai bpkb mobil juga menerapkan cara seperti ini.
  4. Metode full payment. Bisnis gadai yang menerapkan cara ini di Indonesia biasanya merupakan perusahaan pribadi atau perorangan. Di beberapa daerah dikenal dengan istilah rentenir. Pinjaman uang yang diberikan biasanya tidak besar dan waktunya juga relatif pendek. Pembayaran full payment berupa pokok hutang dan bunganya dilakukan pada saat akhir periode, saat pengembalian pinjaman.
  5. Metode pengikatan bisnis. Ini sebenarnya bukanlah cara gadai yang sesungguhnya sebagai solusi pendanaan. Metode ini hanya diterapkan oleh perusahaan besar (misalnya distributor) kepada agen pengecer, untuk pengikatan pembayaran secara tempo. Pinjaman jaminan bpkb atau sertifikat atau bahkan unit barang yang diterapkan bukanlah untuk mendapatkan dana tunai.

Demikianlah informasi yang perlu diketahui oleh masyarakat, terkait dengan metode dan sistem yang berkembang pada bisnis gadai, terutama terkait cara bayarnya. Dengan memahami info ini, maka anda dapat mengambil keputusan, layanan dengan metode manakah yang akan dipilih. Semuanya tersedia di hampir seluruh kota di Indonesia.