Pegadaian Cepat - Dana Tunai Bunga Bank Rendah & Ringan

Mengapa Agunan Kredit Wajib Diasuransikan?


Bagi calon nasabah yang ingin mengajukan pinjaman di perusahaan pembiayaan resmi (leasing) dan bank, maka agunan kredit wajib diasuransikan. Bahkan tindakan ini juga tidak bisa dilakukan sendiri oleh debitur. Pada halaman daftar pertanyaan nasabah (FAQ), hal ini sudah dijelaskan walau bersifat umum. Dan pada ulasan mengapa jaminan perlu diasuransikan ini, anda akan mendapatkan penjelasannya secara detail.

asuransi kredit

Perusahaan yang kami kelola menetapkan ketentuan terkait asuransi kredit. Dan meliputi hal sebagai berikut:

  1. Harga pasaran mobil (bukan pencairan) yang digadaikan di atas 300 juta maka wajib asuransi all risk. Perlindungannya bersifat menyeluruh, bukan karena kehilangan saja. Jadi jika terjadi tabrakan, maka dapat dilindungi oleh asuransi.
  2. Harga pasaran kendaraan diantara 200 juta hingga 300 juta, maka tipe perlindungannya disebut kombinasi. Artinya tahun pertama bersifat allrisk sedangkan berikutnya TLO (Total loss only). Jika anda mengajukan permohonan gadai bpkb mobil dengan tenor 1 tahun, maka tentu saja wajib mendapatkan pertanggungan asuransi menyeluruh.
  3. Harga di bawah 200 juta minimal pertanggungan asuransi TLO. Artinya, anda berhak memilih kedua pertanggungan di atas.

Dari program di atas, dapat dilihat bahwa perlindungan asuransi perlu dilakukan pada agunan yang dijaminkan. Karena untuk meminimalkan resiko dari kreditur yang meminjamkan uang. Dan konsep pendaftarannya mengacu pada nama pemberi kredit sebagai pemohon asuransi. Maka, jika terjadi kehilangan pada mobil, pihak krediturlah yang pertama kali mendapatkan penggantian dana. Setelah diperhitungkan dengan outstanding gadai, jika ada selisih, dana ini menjadi milik anda.

Jika polis asuransi menggunakan nama nasabah, maka pihak maskapai asuransi akan mengganti dana kepada nasabah jika mobilnya hilang. Ini beresiko bagi bank dan leasing. Itulah sebabnya, perlindungan pada agunan kredit harus dilakukan dan didaftarkan oleh lembaga keuangan sendiri, bukan oleh debitur.

Semoga dengan ulasan ini, anda yang penasaran dan bertanya-tanya kenapa harus kami yang mengasuransikan mobil, mendapatkan jawaban yang memuaskan. Alasan di atas berlaku umum pada perusahaan resmi di Indonesia yang menyediakan pinjaman kredit kepada masyarakat dengan menggunakan agunan.

Info Terkait