Pegadaian Cepat - Dana Tunai Bunga Bank Rendah & Ringan

Jenis Pinjaman KTA Populer dan Fenomenal di Indonesia


Salah satu layanan pinjaman yang fenomenal dan populer di Indonesia adalah kredit tanpa agunan (KTA). Tidak banyak jenis yang beredar saat ini. Dan hal tersebut sangat wajar. Karena layanan pendanaan belum lama ada di negara kita. Bahkan hingga saat artikel ini ditulis, KTA belum mampu menjangkau seluruh wilayah nusantara, walaupun bank penerbit sudah memiliki cabang di kota tersebut. Kami pernah memperoleh Informasi bahwa pinjaman tanpa jaminan ini hanya tersedia di pulau Jawa, Bali, Sebagian wilayah di Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi saja.

Sesuai namanya, pengertian dari pinjaman KTA adalah layanan pendanaan (kredit) yang disediakan perbankan pemerintah, swasta nasional maupun bank asing, yang tidak membutuhkan jaminan atau agunan apapun. Program ini walaupun tidak perlu menjaminkan barang berharga, tetapi tetap memiliki persyaratan khusus. Tidak serta merta semua orang bisa mengajukan permohonannya.

kredit tanpa agunan

Jenis KTA

DI Indonesia, ada 3 jenis program kredit berupa KTA yang beredar dan cukup populer bahkan fenomenal. Karena dalam waktu singkat, pinjaman ini diburu oleh masyarakat, sehingga pihak bank semakin ketat melakukan analisa untuk aproval. Dan jenis KTA yang sering kita temukan adalah sebagai berikut:

  1. Pinjaman dengan syarat latar belakang penggunaan kartu kredit. Inilah jenis yang paling banyak disediakan oleh bank. Provider berupa perbankan milik pemerintah, swasta nasional maupun bank asing biasanya memasarkannya. Syarat ini menjadi mutlak terkait pola pembayaran kartu kredit milik nasabah. Itulah sebabnya, syarat minimal kepemilikan kartu kredit minimal satu tahun pemakaian. Yang menarik adalah jika anda memiliki kartu kredit walaupun sudah dua tahun, tetapi sangat jarang dipakai, maka permohonan pinjaman program KTA biasanya ditolak juga. Karena tidak bisa dianalisa kemampuan bayar dan polanya. Sedangkan jika pemakaian aktif tetapi pola bayar selalu mencicil dan beberapa kali terlambat membayar, maka permohonan kredit juga sulit disetujui. Jadi peran kartu kredit ini bukanlah sebagai “penjamin”, tetapi sebagai alat analisa kemampuan seseorang. Biasanya, beberapa bank masih menerapkan survey untuk jenis ini.
  2. Peminjaman uang dari KTA dengan garansi perusahaan. Tidak semua bank memiliki program jenis seperti ini. Perbankan memberikan penawaran kepada suatu perusahaan besar untuk memberikan pinjaman lunak tanpa agunan, dengan referensi pihak HRD atau Personalia. Biasanya menetapkan syarat minimal dua tahun dan sudah berstatus karyawan tetap. Program kredit KTA jenis ini jika peserta-nya disortir oleh HRD, maka bunga yang ditetapkan menjadi lebih kecil. Termasuk juga jika payroll (pembayaran gaji) melalui bank penerbit pinjaman. Biasanya program ini tidak butuh syarat kartu kredit dan bahkan masuk dalam kriteria pinjaman tanpa survey, tetapi cukup aman dan resmi.
  3. KTA jenis pemotongan gaji. Walau sangat jarang ditawarkan bank, tetapi di perusahaan dengan jumlah karyawan yang banyak, sering dtawari pinjaman ini. Sistem ini biasanya dilakukan kerjasama khusus dengan pihak HRD atau personalia. Biasanya, tingkat kredit macet 0%, karean saat karyawan menerima gaji, maka langsung dipotong angsuran. Kredit tanpa jaminan ini adalah yang paling kecil bunganya. Jenis ini juga tidak memerlukan syarat kartu kredit maupun payroll ke rekening bank penerbit KTA.
  4. Pinjaman tanpa agunan dengan referensi company brand. Artinya, kredit diberikan kepada nasabahnyang bekerja di perusahaan tertentu yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Walaupun perusahaan tersebut tidak menjamin apapun dan jenis KTA ini tidak memerlukan syarat kartu kredit, tetapi pihak bank memiliki catatan tersendiri terkait karyawan suatu perusahaan. Contohnya brand Astra. Ada bank yang menawarkan pinjaman tanpa barang jaminan kepada karyawan perusahaan tersebut, karena Astra dikenal dengan karyawan yang loyal dan berdedikasi. Kita ketahui bersama, jika seseorang sudah bekerja di perusahaan ini, maka sudah tidak mau pindah kerja ke perusahaan lain. KTA yang ditawarkan memang nilainya tidak besar dan bunga yang diterapkan cukup tinggi.
  5. KTA referensi dan subsidi perusahaan. Inilah yang banyak dicari oleh karyawan suatu perusahaan. Karena, program ini bukannya menerapkan bunga, tetapi malah perusahaan memberikan subsidi khusus dan membayar bunganya. Jenis ini juga sering dianggap sebagai penghargaan perusahaan kepada karyawan. Anda pernah mendengar program COP (car ownership program), housing loan atau kredit multiguna bersubsidi? Inilah jenis pinjaman dana KTA yang kami maksudkan. Karena ada beberapa perusahaan yang memberikan penghargaan ini dengan bekerjasama dengan bank. Jadi bukan menggunakan dana milik perusahaan. Perbankan yang menyediakan layanan ini juga tidak sembarangan mengadakan kerjasama. Ada syarat khusus, biasanya terkait dengan kerjasama yang sudah lama antara bank dengan perusahaan tersebut.

Dari keseluruhan jenis pinjaman dana KTA yang berbeda-beda tersebut, hanya poin kelima saja yang tidak menerapkan BI checking. Karena yang diikat oleh bank penerbit kredit adalah perusahaannya, bukan individual karyawan.

Kami sebagai leasing pembiayaan tidak bisa menjalankan program tersebut karena hanya perbankan resmi yang berhak menyediakan layanan. Transaksi nasabah mereka tercatat di bank Indonesia. Sedangkan transaksi kami, tidak tercatat di BI. Itulah sebabnya kami masih bertahan dengan program dana tunai jaminan bpkb. Karena masyarakat juga banyak yang tidak lolos dalam permohonan pinjaman uang KTA dan mereka benar-benar sedang terdesak masalah keuangan. Bahkan, karena tingkat persetujuan pencairan uang pada KTA tidak besar dan butuh waktu lama, maka beberapa nasabah tetap setia melakukan pendanaan dengan program gadai bpkb.