Pegadaian Cepat - Dana Tunai Bunga Bank Rendah & Ringan

Jenis Jaminan dan Layanan Pada Pegadaian


Tidak banyak yang mengetahui jenis jaminan yang diterima sebagai agunan serta layanan pada perusahaan pegadaian BUMN). Selama ini yang diketahui hanyalah menggadaikan perhiasan saja. Padahal, perusahaan pemerintah tersebut menerima penjaminan banyak barang bagi nasabah yang ingin meminjam uang. Berikut ini informasi lengkap terkait #jaminan yang bisa digadaikan pada pegadaian, fermasuk pelayanan lainnya.

pegadaian konvensional

Walaupun tidak semua kantor cabang menerima berbagai jenis agunan, tetapi dalam satu kota pasti antar kantor saling melengkapi. Pada artikel kantor pegadaian Ciamis disebutkan bahwa tidak semua pegadaian di kota tersebut menerima jaminan surat kepemilikan kendaraan bermotor. Hanya ada beberapa cabang dengan ciri UPC saja yang bisa menerimanya. Hal ini juga berlaku di kota lain. Adapun jenis jaminan yang dapat diterima dan layanan oleh pegadaian pemerintah diantaranya:

  1. Logam mulia. Inilah program yang cukup populer di kota besar, yang digunakan sebagai jaminan oleh masyarakat jika ingin meminjam dana di pegadaian. Hal ini disebabkan nilai pencairannya yang paling tinggi (prosentase).
  2. Emas perhiasan. Penjaminan barang perhiasan merupakan program paling populer. Tidak hanya di kota besar aja, tetapi juga di kota-kota kecil di pelosok Indonesia. Jenis #agunan ini memang investasi yang cukup disukai oleh masyarakat segala kalangan.
  3. Jaminan mobil dan motor (pegadaian konvensional), termasuk juga bpkb-nya. Khusus jenis surat kepemilikan ini, pegadaian menetapkan syarat pemohon berbentuk institusi resmi seperti PT maupun CV. Hal ini ditetapkan oleh perusahaan pemerintah tersebut terkait dengan ketatnya persaingan dengan leasing swasta. Metode dan biaya pada simulasi perhitungan angsuran juga dibuat sederhana. Yaitu dengan penetapan suku bunga saja, tanpa provisi (sebagai pembanding, silakan cek simulasi gadai jaminan Toyota Agya yang kami tawarkan, dan bandingkan dengan metode yang ditetapkan oleh pegadaian).
  4. Agunan elektronik. Beberapa tahun yang lalu, di beberapa kota di Indonesia cukup banyak yang mencoba menjaminkan elektronik di pegadaian. Jenis agunan ini paling sering ditemukan pada masyarakat kota kecil maupun pada kantor pegadaian yang lokasinya dekat dengan pemukiman maupun perumahan. Tetapi jenis ini sepertinya tidak berlaku lagi.
  5. Layanan lainnya: Sewa gedung, pengiriman uang, jasa taksiran, jasa titipan barang berharga, jasa sertifikasi batu mulia, peluang bisnis pegadaian mobile, pembelian voucher pulsa dan pembayaran tagihan.

Memang, tidak semua barang dapat dijadikan agunan, tetapi yang menarik dari perusahaan ini adalah layanan yang diberikan tidak menerapkan survey bagi calon nasabah. Ini legal, karena unit / barang berharga yang dijadikan agunan. Berbeda dengan leasing, yang mewajibkan teknis survey.

Demikianlah informasi yang semoga berguna bagi anda pengunjung situs ini. Dana Jakarta akan selalu melakukan update informasi terkait jenis jaminan yang dapat diagunkan di pegadaian serta layanannya. Perusahaan milik pemerintah tersebut memang selama ini dikenal sebagai perusahaan yang memiliki banyak inovasi dalam layanan yang diberikan.

Info Terkait